Menjadikan Masa Muda Begitu Bermakna

     Segala puji hanya untuk Allah, Rabb Semesta Alam. Rabb yan telah mempermudah segala urusan dan persoalan. Rabb yang telah menunjukan hidayah Islam dan menancapkan iman di lubuk hati yang paling dalam.

         Shalawat dan salam untuk Rasulullah, pemimpin umat dan teladan yang terbaik. Rasul yang memiliki akhlak luar biasa terpuji, yang benar-benar dapat di percaya. Semoga shalawat dan salam juga tercurahkan pada keluarga Nabi, sahabat, shahabiyah, tabiin, tabiut tabiin, dan seluruh kaum muslimin.

        Mengelola masa bukanlah persoalan sederhana. Susah, rumit dan menyulitkan. Terlebih lagi masa yang dikelola adalah masa muda. Dibutuhkan ekstra perhatian dan konsentrasi untuk mengelolanya dengan baik.

      Masa muda adalah masa yang sangat bernilai, tak terganti dan tidak akan berlang. Segala potensi, minat, bakat, kemauan dan kemampuan berkumpul di dalamnya. Bahkan tidak berlebihan bila dikatakan di masa ini, seorang manusia mulai mengawali kehidupan yang sebenarnya. Sehingga tentunya sangat mensyaratkan adanya sebuah 'guidance', alat yang menunjukan arah yang harus dituju, hal-hal yang harus dilakukan. Selain itu juga sekaligus sebagai alat yang mampu menunjukan apa yang tidak perlu dan bahkan dilarang dalam mengelola masa muda.


Perhatikan Masa Mudamu

"Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Rabb mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk." ( Al-Kahfi: 13 )

     Sungguh dunia dan semua isinya telah bosan dengan desertasi-desertasi yang dihamparkan. Desertasi-desertasi seorang Napoleon Bonaparte sang Pemusnah, penjagal dan pelaku kekejian. Desertasi-desertasi seorang Hitler yang membakar manusia dengan rudal-rudalnya. Desertasi-desertasi seoran Tito (Josip Bros Tito, Yugoslavia) yang mengelompokan manusia supaya melawan manusia. Sesungguhnya segenap manusia sangat membutuhkan syariat Nabi Muhammad SAW beserta pelaksanaan syariat tersebut.

    Allah berfirman : "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam." (Al-Anbiyaa': 107)

    Rasulullah SAW adalah rahmat yang memberikan petunjuk, nikmat yang sangat agung dan pelita yang bersinar terang.

    "Kemarilah, wahai orang yang posisinya dalam kesulitan dan jiwanya terkurung dalam penangkapan.
     Wahai orang yang belum sadarkan diri, tatkala Bilal mengumandangkan azan
di sejuknya pagi.
     Bunga-bunga di taman-taman Rasulullah SAW menghijau dan baunya semerbak menebar di daratan utara."

    Pokok pembahasan kita berikut ini berkaitan dengan generasi muda dan problematika kontemporer mereka ditinjau dari empat unsur terpenting.

Tunggu Postingan selanjutnya yaa !!

Langganan via Email...

0 Response to "Menjadikan Masa Muda Begitu Bermakna"

Post a Comment