Begini Seharusnya Generasi Pemuda

                  
    Mendidik pemuda sesungguhnya bukanlah urusan yang gampang. Diantara tugas Nabi SAW selama hidupnya adalah menjadi murabbi (pendidik). Usahanya mentarbiyah (mendidik) lebih banyak daripada perkataannya. Amal perbuatan beliau dengan para sahabatnya lebih banyak dari ucapannya. Nabi SAW selalu mendidik melalui gerakan-gerakannya, lebih banyak daripada pidato dan ceramahnya.
    Bicaranya dalam berbagai kesempatan sedikit saja. Namun dari setiap peristiwa, Nabi SAW selalu mengambil pelajaran dan kesimpulan. Nabi menjadikan malam dan siangnya hanya unyuk tarbiyah (pendidikan)
    Ya, sesungguhnya dilingkungan kita saat ini terdapat para dai. Namun, kita membutuhkan para pendidik yang membawa pemuda kejalan Allah yang lurus. Pendidik yang membimbing dan mendidik pemuda itu dalam hal perilaku, akhlak, karakteristik dan sifat-sifatnya. Karena itu, Anda perhatikan sebagian orang memiliki semangat yang membara, namun masih membutuhkan adab, membutuhkan arahan, serta membutuhkan tarbiyah. Karenanya, kita perlu sekali kembali pada dasar-dasar pendidikan yang dibawa Nabi SAW. Kita perlu melihat bagaimana beliau mendidik para sahabatnya dan bagaimana menunjuki mereka jalan yang lurus.

Langganan via Email...

0 Response to "Begini Seharusnya Generasi Pemuda"

Post a Comment